Deskripsi Organisasi

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perubahan Pembagian Urusan Pemerintahan antar Tingkat Pemerintahan dan Organisasi Perangkat Daerah, Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 13 tahun 2016 tentang Hasil Pemetaan Urusan Pemerintah di Bidang Komunikasi dan Informatika dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi Dan Informatika, Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral Oleh Pemerintah Daerah, Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Nomenklatur Perangkat Daerah Dan Unit Kerja Pada Perangkat Daerah Urusan Pemerintahan Bidang Persandian, Pemerintah Kota Pariaman membuat Peraturan Daerah Kota Pariaman Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Pariaman kemudian dijabarkan dalam Peraturan Walikota Pariaman Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman.

Sebagai tindak lanjut peran   Perangkat   Daerah   yang terbentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman melaksanakan kewenangan pengelolaan urusan pemerintahan konkuren bidang komunikasi dan informatika. Diharapkan kedua urusan pemerintahan ini dapat dilaksanakan sesuai rencana kerja yang mengacu pada rencana strategis yang juga berfungsi sebagai pedoman dalam pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan serta membantu pimpinan organisasi dalam mengelola dan mengalokasikan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mendukung tercapainya visi-misi Pemerintah Kota Pariaman yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2018- 2023.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Pariaman yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pariaman Nomor 7 Tahun 2016 Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Pariaman. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman dikepalai oleh seorang Kepala Dinas dengan tingkat Eselon II/b yang bertanggung jawab kepada Walikota Pariaman. Didalam upaya mewujudkan birokrasi yang profesional dan berintegritas tinggi merupakan upaya strategis Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman dalam mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas. Sesuai dengan tugas dan fungsinya beberapa jenis pelayanan yang diberikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, diantaranya adalah :

  1. 1. Layanan informasi publik.
  2. 2. Layanan komunikasi publik dan pengaduan masyarakat.
  3. 3. Layanan komunikasi intra pemerintah daerah.
  4. 4. Layanan data center dan disaster recovery center.
  5. 5. Layanan penggunaan domain dan sub domain pemerintah.
  6. 6. Layanan keamanan informasi.
  7. 7. Layanan data statistik sektoral.